Berawal dari adanya sebuah plakat penunjuk arah menuju ke sebuah curug yang terlihat ketika mengunjungi Gunung Api Purba. Curug yang dimaksud bernama Curug Gede yang terletak di Dusun Gambyong, Desa Oro-oro, Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Memasuki pergantian musim antara musim penghujan dan musim kemarau adalah waktu yang tepat untuk mencari dan mengunjungi curug. Di wilayah Gununkidul Yogyakarta memang terdapat beberapa curug atau air terjun kecil yang sifatnya musiman. Dikatakan musiman karena apabila musim kemarau tiba beberapa curug mengalami penyusutan debit air atau bahkan tidak memiliki air sama sekali sehingga akan berupa sebuah tebing yang gersang. Sedangkan apabila musim penghujan, curug-curug tersebut memiliki air yang cukup banyak namun berwarna keruh. Hal itu disebabkan oleh adanya lumpur yang terbawa oleh aliran air sehingga menyebabkan warna airnya kecoklatan.

  • Rute menuju Curug Gede Patuk Yogyakarta

Dari Yogyakarta – menuju ke arah Wonosari Gunungkidul – Sampai di perempatan kantor Polisi sektor Patuk kita belok ke kiri ( ke arah wisata Gunung Api Purba ) – melalui desa Oro-Oro dan melewati area dengan beberapa tower televisi – Ikuti jalan tersebut sampai di perempatan Puskesmas Patuk I ( Puskesmasnya di sisi kanan jalan ) – perhatikan arah, bila kita ke kanan kita menuju ke Gunung Api Purba – lurus menuju Klaten – sedangkan kiri menuju ke Curug Gede atau ke arah Sendang Sriningsih. Ambil jalan yang kiri kurang lebih 3-4 km kita sudah sampai di Curug Gede Patuk Gunungkidul.


  • AIR TERJUN LUWENG SAMPANG, AIR TERJUN EKSOTIS DI GUNUNG KIDUL!

Rasanya pesona Jogja tak pernah habis deh, terutama di Gunung Kidul. Kalau selama ini cuma tah terlihat kontras dengan birunya air. Batuannya terkena erosi air sehingga terkikis alami dan membentuk garis-garis yang unik. Hal inilah yang menjadi daya tarik utama dari Air Terjun Luweng Sampang, keindahannya setara dengan Grand Canyon yang ada di Pangandaran.u pantai-pantainya yang menawan, ternyata ada surga baru yang terkuak disana, Air Terjun Luweng Sampang namanya. Wilayah Gunung Kidul memang memiliki pantai dengan batuan-batuan cadas, dan ternyata air terjun di Luweng Sampang pun dihiasi dengan batuan-batuan cadas yang berwarna putih,

Udara sejuk dengan gemericik air yang menyambut kedatangan kita, menjadi penghilang letih setelah perjalanan panjang menuju kemari. Suasana alamnya yang asri dengan air terjun  yang indah sangat sayang untuk dilewatkan bagi yang memiliki jiwa petualang, tapi akan lebih sayang lagi kalu tempat indah ini rusak karena terlalu banyak pengunjung yang jorok,  so tetep jaga kebersihannya ya, jangan dateng cuma buat narsis dan nyampah aja.

Air Terjun Luweng Sampang ini terletak di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul. Dinamakan Luweng Sampang karena Luweng dalam bahasa Jawa berarti Lubang dan Sampang karena lokasinya berada di desa bernama Sampang.

  • Rute Air Terjun Luweng Sampang
    Jarak dari kota Yogyakarta kurang lebih 30km atau dapat ditempuh sekitar satu jam perjalanan. Ada dua rute yang dapat dipilih untuk menuju air terjun Luweng Sampang sebagai berikut:
  1. Yogyakarta > Ringroad ketandan > Jl. Wonosari > Piyungan > Bukit bintang > Patuk > Perempatan dekat GCD FM ambil arah kiri > Ngoro-oro Ombo > ada Perempatan Puskesmas Patuk II > (ambil yang lurus) > Pertigaan Padukuhan Semilir (ke kiri) > Pertigaan SDN Negeri Belang Terbah (masih lurus) > Balai Desa Terbah > ada pertigaan ambil yang lurus kemudian  ikuti jalan ± 3 km letak Luweng Sampang di sebelah kanan jalan.
  2. Yogyakarta > Maguo > Prambanan > Dari jalan Jogja solo ambil kanan (selatan) > menuju Desa Gantiwarno Klaten > SDN 2 Jogoprayan Gantiwarno Klaten > Desa Sampang Gunungkidul > Balai Desa Sampang, kemudian ikuti jalan kurang lebih 2 km nah kemudian letak air terjun Luweng Sampang di kiri jalan. Sumber
    Untuk waktu terbaik mengunjungi Air Terjun Luweng Sampang disarankan saat musim hujan karena debit air terjun yang jatuh akan makin deras dan semakin menambah kecantikannya.
News Reporter

3 thoughts on “Menikmati Keunikan Air Terjun Di Gunung Kidul: Air Terjun Luweng Sampang dan Curug Gede

  1. Ahaa, its good discussion regarding this article here at this website, I have read all that, so now me also commenting here.

    I really love your website.. Excellent colors & theme.
    Did you create this amazing site yourself?

    Please reply back as I’m trying to create my own blog and would
    like to learn where you got this from or exactly what the theme is named.
    Thanks! It is appropriate time to make a few plans for the long
    run and it is time to be happy. I’ve read this submit
    and if I may just I want to recommend you few fascinating things or tips.
    Perhaps you can write next articles referring to this article.
    I want to learn even more things approximately it! http://www.cspan.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *