Berbeda dengan pantai-pantai Gunungkidul lainnya, di Pantai Nglambor kita tidak hanya bisa berenang namun juga bisa menjajal aktivitas snorkeling. Bermodalkan snorkel, kita bisa melihat indahnya kehidupan di bawah laut. Tak perlu takut terhempas ombak ganas, sebab jauh di depan ada dua pulau karang berbentuk kura-kura raksasa yang siap menjadi penjaga.

Pantai-pantai di Pesisir Selatan Yogyakarta memang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia yang berombak ganas. Namun bukan berarti semua pantai tidak bisa digunakan untuk berenang. Di Gunungkidul terdapat pantai indah yang lokasinya terlindung oleh pulau karang, sehingga ombak di pantai tersebut cukup tenang dan aman untuk berenang. Tidak hanya itu, jika kamu berkunjung ke pantai ini kamu bisa melihat kehidupan biota bawah lautnya dengan cara snorkeling. Pantai tersebut adalah Pantai Nglambor.

Pantai yang diapit oleh Pantai Siung dan Pantai Jogan ini dulunya merupakan pantai yang sangat sepi. Pantainya yang tidak terlalu luas dan aksesnya yang cukup sulit membuat wisatan enggan berkunjung ke tempat ini. Satu-satunya keluarga yang mendiami Pantai Nglambor adalah Mbah Tukiyem dan Suaminya, Mbak Kartomo. Alasan mereka tinggal di kawasan pantai ini adalah untuk menjaga ternaknya serta menghalau monyet ekor panjang yang sering keluar dari persembunyian dan merusak serta memakan hasil ladang.

Di Pantai Nglambor kamu bisa memuaskan hasratmu untuk bermain air, mulai dari mandi-mandi, berenang, hingga snorkeling. Kalau ogah basah-basahan, kamu bisa mencari kulit kerang dan batu halus warna-warni, melompat dari satu gugusan karang ke gugusan lainnya, atau trekking mendaki bukit-bukit karang yang memeluk pantai ini. Ombak yang tenang dan air laut yang jernih membuatmu bisa melihat karang, rumput laut, ikan warna-warni yang berkejaran, serta aneka biota penghuni laut dari permukaan. Berada di Nglambor akan memberimu sensasi perjalanan wisata pantai yang berbeda. Jadi, kapan kamu hendak ke Pantai Nglambor?

 

Lokasi dan Akses Menuju Pantai Nglambor

Pantai Nglambor terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini diapit oleh Pantai Siung dan Pantai Jogan, sehingga pos retribusinya menjadi satu dengan Pantai Siung. Dari Yogyakarta Pantai Nglambor bisa ditempuh sekitar 2 – 3 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Untuk mencapai pantai ini kamu bisa menyusuri jalan menuju Pantai Siung. Setelah melewati pos retribusi, kamu akan bertemu dengan pertigaan. Di pertigaan tersebut kamu belok ke kanan dan menyusuri jalan makadam. Pantai Nglambor berada di ujung jalan tersebut. Kondisi jalannya tidak terlalu lebar sehingga bus pariwisata tidak bisa masuk. Mobil pun tidak bisa sampai ke bibir Pantai Nglambor. Kamu perlu jalan kaki sebentar atau naik ojek untuk mencapai Pantai Nglambor ini.

Harga Tiket dan Sewa Alat

  • Tiket masuk: Rp 5.000 / orang (menjadi satu dengan retribusi Pantai Siung)
  • Jasa Ojek: Rp 5.000
  • Sewa alat snorkel: Rp 35.000 – Rp 50.000
  • Paket snorkeling BNS: Rp 50.000 (fasilitas meliputi masker, snorkel, sepatu karet, pelampung, guide, foto underwater, welcome drink, mushola, ruang ganti dan tempat penitipan barang)

 


 

Keindahan Pantai Nglambor
News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *