Pantai Timang

Pantai Timang terletak di Pedukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai Timang merupakan salah satu pantai yang berada di kawasan pantai indah Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk menuju pantai ini Anda akan melakukan perjalanan yang cukup menantang serta menguji adernalin Anda. Jalan yang akan dilewati sungguh sangat terjal dan berbatu yang lumayan menguras tenaga. Jalan batuan di sepanjang perjalanan masuk menuju pantai Timang seperti pecahan karang yang lumayan tajam dan lancip dengan medan jalan yang bergelombang naik turun. Pengunjung pada pantai ini juga belum sebanyak pantai lainnya yang ada di Gunung kidul.. . Pantai Timang ini memiliki sebuah pemandangan eksotis dan sangat menawan dan di pantai ini memilik sebuah pulau yang bernama pulau Timang. Pulau Timang yang ada di pantai ini memang tidak seperti pulau-pulau pada umumnya, yang biasanya pulau berupa sebidang tanah dengan pesisir yang berpasir.

Namun pada pulau timang ini tidak lebih hanya berupa bongkahan batu karang dan tajam serta memiliki tebing yang sangat curam.. . Untuk menuju pulau Timang ini Anda harus menyebrang dengan menggunakan semacam gondola tradisional atau kereta gantung yang terbuat dari kayu yang dirangkai sedemikian rupa dengan menggunakan tambang tali plastik yang sangat kuat sehingga dapat menopang berat badan, namun dibutuhkan tenaga manusia oleh beberapa orang agar gondola tersebut bergerak ke arah pulau Timang.. . Gondola itu sendiri mengantarkan pengunjung ke pulau Timang sejauh hampir 100 meter dengan ketinggian 9 hingga 11 meter dari permukaan laut. Dibutuhkan mental yang kuat untuk menaiki gondola ini, karena sepanjang perjalanan menuju pulau Timang tersebut Anda bakal meluncur sendirian menaiki gondola di atas lautan yang memiliki ombak yang sangat besar dan terkadang mengenai siapapun yang akan menyebrang ke pulau tersebut.. .

Di balik kerasnya perjuangan dan besarnya nyali untuk menuju kesana, semua akan terbayar oleh indahnya pulau Timang dan siapa sangka pulau ini merupakan tempat yang paling baik di Gunung Kidul untuk mencari hasil laut.

  • Rute Menuju Lokasi ke┬áPantai Timang
    Rute dari Kota Yogyakarta ke lokasi berjarak sekitar 50 kilometer dan bisa di tempuh melalui jalur yang ke arah Wonosari. Kemudian dari daerah Wonosari anda melalui jalur yang ke arah Pantai Baron. Sebelum sampai di Pantai Baron ada pertigaan ambil kiri yang ke arah Pantai Siung. Sampai di Pasar Dakbong belok ke Pantai Timang, anda bisa melihat petunjuk jalan yang menuju Pantai Timang.

Obyek Wisata di Pantai Timang :
Gondola
Gondola di sini bukanlah gondola modern, tetapi gondola tradisional yang dibuat dari kayu yang diikat dengan tali tambang. Alasan menggunakan tali tambang ini karena tali tambang di anggap lebih kuat jika terkena air laut dibandingkan dengan penggunaan sling yang terbuat dari besi atau baja.

Bukit Karang
Ikon di Pantai ini adalah dengan keberadaan sebuah bukit karang yang besar di pulau kecil yang letaknya tidak jauh dari pantai, di pulau ini juga sudah tersedia beberapa spot untuk berfoto. Pulau ini juga digunakan oleh para nelayan untuk mencari udang lobster.


News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *