Kita pasti udah familiar nih dengan yang namanya tempe, tapi apakah kalian tau tentang tempe benguk. Kalian pasti bingung kan apa itu tempe benguk? Tempe benguk adalah makanan tradisional dari Wates Kulonprogo Yogyakarta. Seperti tempe pada umumnya, cara pembuatannya melalui fermentasi ragi tempe. Hanya saja bahan yang digunakan bukan kacang kedelai, melainkan kacang benguk atau sejenis kacang koro yang berbentuk lonjong.

Tempe benguk yaitu sebuah masakan tempe benguk yang diolah dengan menambah santan kental seperti areh yang telah dibumbui opor. Areh tersebut terasa bumbu bawang, ketumbar, daun salam, manis gula jawa dan gurih. Kemudian areh dibalurkan pada tempe benguk yang sudah matang hingga meresap. Rasa wengur dari kacang benguk tidak terasa lagi. Dan sajian tempe benguk menjadi lebih nikmat. Tempe benguk memiliki tekstur biji yang agak besar dari tempe kedelai. Seperti memakan kudapan kacang koro goreng, tetapi ini dibikin tempe. Lezat, apalagi dipadukan dengan jadah. Satu gigitan tempe bacem koro, satu gigitan jadah dan lombok rawit hijau. Sedap. Tidak terasa, perut menjadi kenyang.

Cara mengolah tempe benguk, kacang benguk harus di rendam terlebih dahulu selama dua hari untuk menghilangkan kandungan HCl yang ada dalam biji kacang. Bagi yang tidak pintar cara mengolahnya, tempe benguk ini bisa masih mengandung racun. Tetapi jika pandai mengolahnya, maka tempe benguk bisa menjadi alternatif tempe berbahan dasar selain kacang kedelai. Tentu saja lebih murah harganya.

 

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *