1. Gudeg

Makanan yang berbahan dasar nangka muda, rasa asli gudeg sebenarnya manis. hal ini yang kadang tidak cocok di lidah orang luar Jawa, Namun cita rasa manisnya gudeg lebih nikmat jika dimakan dengan nasi pulen, sambal goreng krecek, dan gurihnya kuah opor ayam serta tambahan telur, tahu, atau tempe bacem. Ada dua macam jenis gudeg, yaitu gudeg basah dan gudeg kering. Perbedaannya terletak pada kekentalan santan gudeg, santan gudeg kering lebih kental dibandingkan santan gudeg basah. Gudeg kering lebih tahan lama dari pada gudeg basah, gudeg basah biasanya dihidangkan saat pagi dan siang hari sedangkan gudeg kering sering dihidangkan saat sore dan malam hari.
Resep gudeg sangatlah mudah bahan-bahannya mudah ditemukan oleh semua orang. Bahan dasar gudeg adalah nangka muda yang sudah dicuci bersih dan diberi bumbu yang sudah ditentukan. Kemasan produknya bermacam-macam, Bisa dibawa dalam bentuk kendhil, kaleng atau besek. Beberapa rekomendasi gudeg Jogja yang terkenal yaitu Gudeg Permata, Gudeg Pawon, Gudeg Yu Djum, Gudeg Tugu, dan Sego Gudeg Nggeneng Mbah Marto. Harga gudeg tersebut berkisar dari Rp7.000,- hingga Rp25.000,- dan lokasinya mudah dijangkau.dan beralamat di.

Jl. Wijilan No.167, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa

2. Bakpia

Bakpia adalah makanan dari campuran kacang hijau dengan gula , yang dibungkus dengan tepung,lalu dipanggang .gingat masyarakat Yogyakarta mayoritas beragama Islam, pada perkembangannya, isi bakpia yang semula daging babi pun diubah menjadi kacang hijau. Kemudian rasa-rasa dari bakpia dikembangkan menjadi cokelat, keju, kumbu hijau, dan kumbu hitam. Seiring berjalannya waktu, isi bakpia tidak hanya kacang hijau, sekarang sudah banyak varian rasa, mulai dari cokelat, keju, durian, hingga cappuccino dan abon sapi. Bakpia termasuk salah satu ikon kuliner Jogja yang populer. Beberapa bakpia rekomendasi di Jogja adalah Bakpia Kurnia Sari, Bakpia Pathuk 25, Bakpia Pathuk 75, Bakpia Pia, dan Bakpia Merlino. Harga bakpia berkisar antara Rp15.000,- hingga Rp30.000,-. dan tempatnya mudah di kunjungi

Jalan AIP II KS Tubun, Jl. Bhayangkara Ng 1 No.504, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55132

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *