Puri Mataram

Tugu pal putih menjadi ikon wisata kota Yogyakarta. Hampir setiap wisatawan, khususnya dari luar daerah yang berkunjung ke jantung Kota tak melewatkan mengabadikan momen di sekitar tugu tersebut.

Namun, kini wisatawan tak selalu harus ke kawasan jalan Mangkubumi untuk bisa selfie dengan latar belakang tugu pal putih. Di Sleman, ada wahana wisata Puri Mataram yang “menghadirkan” ikon Yogyakarta tersebut di tengah warna-warni taman bunga.

Tak sekedar itu, di atas lahan seluas kurang lebih 4.5 hektar itu, juga membentang persawahan hijau dan bangunan-bangunan joglo dan jembatan gantung dari bambu yang warnanya kontras dengan taman bunga celosia yang mengitari tugu.

Tentu saja, tugu di sini bukan bangunan tugu asli sebagaimana yang ada di pusat Kota Yogyakarta, melainkan miniatur bangunan yang dibuat mirip tugu pal putih.

Salah satu destinasi wisata baru yang merupakan hasil kreatifitas warga ini adalah Taman Bunga Puri Mataram, yang berlokasi di Dusun Ndrono, Tridadi, Sleman, DIY. Distinasi wisata dengan dekorasi berbagai wahana spot foto yang menarik dari jembatan bambu di atas hamparan sawah, miniatur tugu pal putih, gerobak sapi, hingga gubuk-gubuk bertemakan cinta. Juga ada beberapa titik semacam warung yang menjual aneka minuman dan makanan tradisional khas Kabupaten Sleman. Untuk tiket masuknya sendiri kita akan dikenakan tarif sebesar Rp 10.000,00 dan tempat ini sangat cocok untuk wisata keluarga dan teman.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *