Alat musik yang terbuat dari bambu atau yang sering kita sebut Angklung merupakan alat musik terlegenda, tak heran bisa bertahan hingga sekarang. Keunikan dari angklung adalah dibunyikan dengan cara digoyang hal tersebut dikarenakan adanya benturan badan pipa bambu, sehingga berbunyi “klung”. Semakin kita tegas memainkannya maka suara angklung akan semakin keras.

Angklung pertama kali dikenalkan oleh masyarakat Sunda, namun dengan berjalannya waktu angklung menyebar keberbagai daerah sepert di Yogyakarta.

Gambar terkait

Barisan masyarakat Sunda yang sedang memainkan angklung.

Keberadaan angklung di Yogyakarta semakin hari semakin eksis. Berkat potensi seni yang dimiliki masyarakat Yogyakarta, muncul atau kelompok yang memanfaatkan angklung sebagai icon untuk menghibur mayarakat disepanjang kota Yogyakarta. Kelompok angklung bisa kita jumpai di berbagai titik rambu-rambu lalu lintas atau di pinggiran jalan Malioboro. Setiap kelompok mempunyai nama masing-masing, namun masyarakat lebih mengenal dengan sebutan Angklung Jalanan.

Tidak heran berkat tangan-tangan lihainya, para kelompok Angklung Jalanan bisa memainkan berbagai macam lagu. Banyak diantar penonton yang mengaspresiasi permainannya dengan memberikan saweran kepada pemain Angklung Jalanan, selain itu penonton juga dibolehkan untuk request lagu atau menari sesuai iringan lagunya.

Hasil gambar untuk angklung jalanan Yogyakarta
Angklung Jalanan yang beraksi di pinggiran lampu setopan kota Yogyakarta.
Hasil gambar untuk angklung malioboro Yogyakarta
Kemeriahan aksi pemain Angklung Jalanan di Malioboro pada malam hari.

Kelompok Angklung Jalanan beraksi mulai dari siang hingga malam hari. Para penikmat musik angklung mulai dari anak kecil hingga oragn tua. Sepert yang kita ketahui kota Yogyakarta sudah mempunyai predikat atau julukkan sebagai kota Istimewa, dengan adanya kelompok Angklung Jalanan menambah keramaian dan kehangatan suasana kota Yogyakarta. Bagi sahabat Thomson yang ingin menikmati alunan musik dari Angklung Jalanan, yukk buruan ke Yogyakarta…

Hasil gambar untuk tulisan khas Yogyakarta
Welcome to Yogyakarta.
News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *