Sanggar Anak Alam atau sering disebut SALAM merupakan sarana belajar bagi anak-anak yang ingin bersekolah dengan konsep sekolah non formal. Perbedaan dengan sekolah formal, SALAM tidak mewajibkan anak didiknya menggunakan seragam dan bersepatu hanya saja tetap mengenakain pakaian sopan. Meskipun SALAM merupakan sekolah non formal, SALAM menanamkan berbagai nilai, yaitu nilai kerohanian, kesopanan, cinta terhadap alam, kesehatan terhadap pangan dan tubuh, pendidikan, dan nilai terhadap seni dan budaya.

kebersamaan diantara para murid dan guru saat belajar bersama.

SALAM (Sanggar Anak Alam) berlokasi di Nitiprayan Kasihan, Bantul, Yogyakarta, letak SALAM berada di tengah persawahan.

Bangunan SALAM cukup sederhanandan dapat menampung banyak anak, halaman Sanggar Anak Alam dapat difungsikan sebagai tempat bermain dan belajar di luar ruangan.

Gambar terkait
bantuk sederhana bangunan SALAM

Sanggar Anak Alam mencoba mewujudkan ide-ide pendidikan yang sesungguhnya, dengan memberikan ruang seluas-luasnya bagi anak untuk bebas berekspresi dan bereksplorasi dalam menemukan pengetahuan, dengan memanfaatkan potensi lingkungan sebagai media belajar sekolah kehidupan.

Hasil gambar untuk sanggar sekolah alam

Sanggar Anak Alam (SALAM) Nitiprayan Kasihan Bantul Yogyakarta, mengimpetasikan sebuah konsep sekolah kehidupan. Adapun tujuan
SALAM didirikan sebagai Gerakkan Perlawanan Terhadap Sekolah Formal, dengan kata lain SALAM ingin membantu untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia. Adapun visi dan misi Sanggar Anak Alam yaitu :

Visi

“Menjadi sekolah yang mampu menginspirasi siswa menjadi pembelajar ulung, mandiri, berkarakter islami dan berjiwa pemimpin”

Misi

Melahirkan generasi berkarakter islami, menyelenggarakan pembelajaran yang alami, menyelenggarakan pendidikan yang memadukan antara kurikulum pendidikan nasional dan kurikulum agama Islam, menyelenggarakan pendidikan dengan sistem full day school, Melahirkan pembelajar-pembelajar mandiri yang ulung, melahirkan generasi-generasi berjiwa pemimpin, melahirkan generasi yang terlatih dalam pemecahan berbagai persoalan, menekankan aspek kekeluargaan baik dalam hubungan antar civitas akademika maupun dengan pihak orangtua, menyelenggarakan manajemen sekolah yang terpercaya, transparan dan mengedepankan akuntabilitas, menciptakan sekolah yang berwawasan lingkungan, bersih dan rapi.

Hasil gambar untuk sanggar sekolah alam

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *