Masyarakat Desa Sukunan Mengubah Sampah Menjadi Rupiah

Hasil gambar untuk desa sukunan
penanda wilayah.

Sukunan adalah desa wisata berbasis lingkungan atau dikenal sebagai ecotourism. Desa wisata Sukunan dirintis sejak tahun 2003 dan resmi menjadi Kampung Wisata Lingkungan pada 19 Januari 2009. Lokasi Kampung Desa Wisata Sukunan berada di Desa Banyuraden, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Ketika berada di Desa Sukunan para pengunjung akan melihat papan nama yang terbuat dari kumpulan tutup botol bekas. Dari situlah pengunjung diberikan gambaran tentang pemanfaatan sampah non-organik. Selain itu pengunjung juga akan disuguhkan dengan suasana murni pedesaan dengan nuansa teduh, karena masih terdapat pohon pohon besar dan rindang.

Hasil gambar untuk desa sukunan
Suasana rindang pada kegiatan Penyuluhan kepada pengunjung di Pos.

Proses pengolahan sampah yang di lakukan oleh masyarakat Sukunan dilakukann secara mandiri baik di tingkat rumah tangga hingga di tingkat kelompok. Dengan keseriusan para warga, kegiatan tersebut menghasilkan berbagai produk olahan sampah yang memiliki nilai lebih seperti aneka produk kerajinan dari sampah plastik, kerajinan dari kain perca serta pupuk kompos dari sampah organic.

Hasil gambar untuk desa wisata sukunan
Gambar terkait
Proses pemanfaatan sampah berbahan dasar plastik.
Gambar terkait
Hasil dari olahan kemasan plastik

Paket Wisata Edukatif dan Rekreasi Berbasis Lingkungan


Penunjung Kampung Wisata Sukunan dikunjungi dari berbagai kalangan mulai dari anak kecil hingga dewasa, misalnya mulai dari murid TK hinggaMahasiswa. Adapun paket wisata yang ditawarkan kepada pengunjung, seperti pelatihan berbasis lingkungan yang sarat dengan nuansa edukasi dan rekreasi. Misalnya, sistem pengolahan sampah mandiri, pelatihan pembuatan kerajinan dari plastik, pelatihan pembuatan kerajinan dari kain perca, pelatihan pembuatan kompos rumah tangga, hingga atraksi khas pedesaan seperti angon bebek, membajak sawah, menanam benih, hingga memanen padi.

Gambar terkait
Salah satu kegiatan pengelolahan dari kotoran hewan.

Atas usaha dan kepedulian warga Sukunan dalam pemanfaatan limbah sampah, warga memperoleh bantuan dari Australian Consortium for In Country Indonesia (ACICIS). ACICIS merupakan lembaga yang mendukung kegiatan warga Sukunan, salah satunya dengan menyediakan drum yang saat ini digunakan untuk pemisahan sampah. Tidak heran Kampung Desa Wisata Sukunan sering dijadikan sebagai tempat riset lingkugan dan referensi untuk program swakelola.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *