Nama asli dari Bukit Klangon ini adalah Wisata Alam Bukit Glagaharjo, tetpi para pengguna media sosial biasa menyebutnya Bukit Klangon. Bukit Klangon mendapatkan donasi pengembangan wisata minat khusus oleh Riotary International. Bukit Klangon ini termasuk wisata yang baru yang sedang terkenal baru-baru ini. Meski baru dikenal obyek wisata ini sebenarnya sudah dibuka untuk umum pada tahun 2011 yang lalu.

Bukit Klangon ini dibuka setelah adanya erupsi Gunung Merapi. Bukit Klangon ini dikelola oleh warga sekitar, selain itu Bukit Klangon ini juga mendapat dukungan penglolaan dari pemerintah kabupaten setempat, dengan perluasan lahan parkir dan adanya penambahan spot-spot untuk menikmati panorama yang ada.

Bukit Klangon merupakan salah satu obyek wisata yang ada di kota Yogyakarta tepatnya berada di daerah Sleman. Jika kamu ingin melihat dengan jelas Gunung Merapi itu kamu tidak perlu capek-capek mendaki untuk sampai puncaknya, karena Anda bisa melihatnya dengan berkunjung ke Bukit Klangon. Bukit Klangon memiliki gardu pandang dengan background Gunung Merapi. Karena lokasi Bukit Klangon berada dekat dengan Gunung Merapi yaitu sekitar 4 km. Gunung Merapi itu masih aktif yang nampak gagah dan besar, jadi memiliki keindahan yang sangat mempesona.

Gardu Pandang yang ada di Bukit Klangon ini memiliki ketinggian 5 meter yang berdiri dengan kokoh. Selain gardu pandang itu di Bukit Klangon dulunya dikenal sebagai tempat downhill. Tempat ini dikembangkan sebagai lintasan sirkuit downhill untuk pembalap sepeda gunung. Di Bukit Klangon ini juga sering mengadakan acara balapan untuk sepeda tingkat regional maupun nasional. Saat ini Bukit Klangon merupakan satu-satunya lintasan sirkuit downhill terbaik di Kota Yogyakarta.

Obyek wisata ini sangat cocok bagi anda yang ingin menghabiskan masa liburan dan menghilangkan penat. Anda dapat menikmati hangatnya pagi di lereng Gunung Merapi. Pada pagi hari yang terlihat dari Bukit Klangon ini membuat pagi harimu menjadi berbeda dan terasa istimewa. Anda juga dapat bersepeda sambil menikati suasana Bukit Klangon pada sore hari.

Di Bukit Klangon menyediakan track sepanjang 20 km untuk anda yang memiliki hobi bersepeda dengan medan yang memicu adrenalin. Perjalanan track sepeda ini biasanya memakan waktus sekitar 1,5 jam. Jika Anda ingin mencoba downhill tersebut, Anda dapat berkunjung ke wisata Bukit Klangon yang berada di kabupaten Sleman.

Lokasi Bukit Klangon

Lokasi Bukit Klangon cukup terjangkau dan mudah ditemukan, tetapi lokasi wisata Bukit Klangon berada cukup jauh dari pusat 0 km kota Yogyakarta. Lokasi tepatnya berada di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute menuju wisata Bukit Klangon cukup terjangkau dan jalan menuju Bukit Klangon sudah layak untuk dilewati. Jika anda dari pusat 0 km kota Yogyakarta ke barat melewati jl kh ahmad dahlan sampai pertigaan belok ke utara melewati jl bhayangkara lurus terus sampai melewati jl jogonegaran, sampai perempatan ke barat melewati jl kemetiran kidul sampai perempatan ke utara melewati jl letjen suprapto lurus terus, lalu belok ke kanan melewati jl tentara rakyat mataram lurus terus, lalu menuju jl magelang jalan terus lalu melewati bundaran belok ke timur melewati jl padjajaran, sampai perempatan ke kiri melewati jl kaliurang lurus terus sampai melewati jl pamungkas, sampai pertigaan ke timur melewati jl grogolan lurus terus sampai pertigaan ke utara melewati jl pasar butuh ikuti jalan tersebut maka anda akan sampai ke obyek wisata Bukit Klangon.

Jarak yang ditemuh dari pusat 0 km kota Jogja ke Bukit Klangon cukup jauh yaitu sekitar 36,9 kilometer dan waktu tempuh kendaraan normal roda dua dari pusat 0 km Kota Jogja ke Bukit Klangon sekitar 1 jam 19 menit.

Harga Tiket dan Parkir Bukit Klangon

Harga tiket untuk masuk ke wisata Bukit Klangon belum dikenakan biaya, anda hanya perlu membayar seiklasnya ketika anda ingin berfoto ria di berbagai spot foto yang ada di Bukit Klangon.

Sedangkan untuk harga parkir anda hanya akan dikenakan biaya Rp. 2000 untuk kendaraan motor dan Rp. 5000 untuk kendaraan mobil.

Fasilitas Bukit Klangon

Fasilitas yang ada di wisata Bukit Klangon sudah cukup memadai, terdapat fasilitas umum di wisata Bukit Klangon yang dapat membuat para wisatawan yang berkunjung dapat merasa nyaman. Fasilitas diantaranya:

  1. Toilet
  2. Tempat parkir
  3. Mushola bagi yang muslim
  4. Warung makanan tradisional
  5. Terdapat porter sepeda
  6. Track downhill
  7. Beberapa spot foto yang indah dengan background Gunung Merapi
  8. Gazebo


News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *