Spot Riyadi merupakan salah satu destinasi yang dapat dikatakan baru di Yogyakarta, destinasi wisata ini menawarkan pemandangan indah berupa lanskap persawahan yang ada di bawahnya maupun pemandangan lain yang dapat dilihat sejauh mata memandang. Spot Riyadi ini letaknya tidak jauh dari destinasi wisata populer lainnya yaitu Candi Prambanan dan Ratu Boko, jaraknya yang dekat dengan beberapa destinasi tersebut membuat Spot Riyadi memiliki daya tarik tambahan untuk wisatawan terutama yang ingin menikmati pemandangan dari atas tebing. Dari Spot Riyadi anda dapat melihat gagahnya candi-candi yang berada di sekitar seperti Candi Prambanan, Candi Sojiwan dan Candi Plaosan, dengan pemandangan candi yang ada di sekitarnya Spot Riyadi disebut juga Puthuk Setumbunya Jogja.

Spot Riyadi sejatinya adalah sebuah halaman rumah warga yang bernama Bapak Riyadi, maka dari itu untuk memudahkan menamai destinasi wisata baru ini dinamailah Spot Riyadi sesuai dengan empunya halaman rumah tersebut. Awalnya hanya beberapa orang saja yng mengunjungi tempat ini dari kalangan fotografer dan pesepeda saja beberapa tidak sengaja lewat atau hanya iseng untuk menelusuri jalan sekitar, seiring berjalannya waktu dan tersebarnya foto-foto Spot Riyadi di sosial media maka semakin bertambah pula wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan pemandangan sekitar yang dapat di lihat dari Spot Riyadi.

Selain pemandangan candi dan panorama kota Yogyakarta, Spot Riyadi dikenal juga sebagai tempat untuk berburu sunset atau matahari terbenam dan sunrise atau matahari terbit. Karena lokasinya yang dapat melihat sunset dan sunrise sekaligus membuat destinasi wisata ini semakin digemari oleh wisatawan. Tidak hanya siang hari wisatawan mengunjungi tempat ini namun pagi hari dan malam hari Spot Riyadi tetap memiliki keindahannya. Terlebih saat malam hari tempat ini akan menyajika pemandangan yang luar biasa yaitu pemandangan kemerlip lampu kota dan yang utama adalah pemandangan Candi Prambanan dengan cahaya lampu yang menyinari membuat semakin larut akan suasana malam hari yang syahdu. Sehingga tempat ini sangat cocok bagi anda yang tidak mengenal waktu dalam urusan berwisata. Tidak heran jika Spot Riyadi ini awalnya didatangi oleh para fotografer karena memang lokasinya yang sangat pas untuk mengabadikan momen-momen indah seperti sunset dan sunrise.

Keindahan foto dari spot riyadi


Daya tarik Spot Riyadi selain dapat melihat sunrise dan sunset adalah dari sini jika cuaca  sedang cerah-cerahnya anda dapat melihat megahnyanya Gunung Merapi dipadukan dengan gagahnya Candi Prambanan, walaupun dari Spot Riyadi pemandangan Candi Prambanan terlihat kecil jika dibandingkan dengan Gunung Merapi hal tersebut seakan membuat anda yang menyaksikan hal tersebut akan lebih bersyukur atau terkagum-kagum oleh keindahan ciptaan Tuhan yang sudah sepatutnya kita syukuri. Spot Riyadi dapat dikatakan paket lengkap bagi anda yang menyukai wisata alam dan menyukai hobi fotografi.

Saat ini Spot Riyadi sudah terdapat beberapa aspek penunjang untuk wisatawan diantaranya lahan parkir yang sudah memadai dan warung atau food court sederhana untuk memenuhi kebutuhan perut anda. Sebagian besar aktivitas atau aspek penunjang Spot Riyadi ini terletak di rumah Bapak Riyadi yang merupakan satu-satunya atau yang paling dekat dengan Spot Riyadi.

pemandangan dari atas Spot Riyadi


Lokasi dan Rute

 Lokasi Spot Riyadi dapat dikatakan berada lumayan jauh dari pusat kota Jogja yaitu disebelah timur kota Jogja yang berbatasan langsung dengan kota Klaten. namun demikian lokasi Spot Riyadi berada diantara destinasi-destinasi wisata populer lainnya seperti Candi Prambanan, Candi Plaosan, Candi Sojiwan dan Ratu Boko, hal tersebut membuat lokasi Spot Riyadi cukup mudah untuk diakses.

Alamat Spot Riyadi berada di Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute menuju Spot Riyadi cukup mudah untuk dicapai, namun kira-kira 2 kilometer dari lokasi Spot Riyadi jalanan sudah mulai menanjak dan menyempit. Namun tidak perlu khawatir karena kondisi jalan atau keadaan jalan sudah cukup baik untuk dilewati, kendaraan pribadi seperti sepeda motor lebih direkomendasikan untuk menuju Spot Riyadi meskipun mobil dapat menuju Spot Riyadi akan tetapi anda perlu untuk sangat berhati-hati karena jalan yang menanjak dan sempit.

Cara paling mudah untuk sampai tempat ini adalah dengan mengikuti jalan menuju resort Abhayagiri. Dari pusat kota Yogyakarta ke arah timur menuju ke Candi Prambanan melewati jalan Jogja-Solo sampai di pertigaan Candi Prambanan belok ke arah selatan. Tak jauh dari resort tersebut (tepatnya di belakang) kita akan menemukan jalan kecil berupa cor semen. Kita ambil jalan ini sampai menemukan sebuah perempatan, lalu ambil kiri. Sekitar 200 berjalan kita akan menemukan spot yang kita cari. Rute menuju Spot Riyadi juga sudah tersedia di Google Maps. Anda dapat menggunakan aplikasi Google Maps sebagai pemandu.

Jarak dari Kota Jogja ke Spot Riyadi kurang lebih adalah 19 KM dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor  dari Kota Jogja menuju Spot Riyadi sekitar 51 menit.

Harga Tiket

Harga tiket masuk Spot Riyadi adalah gratis, anda hanya pelu untuk membayar harga parkirnya saja yaitu untuk sepeda motor Rp. 2.000 dan untuk mobil Rp. 5.000.

Fasilitas

Fasilitas Spot Riyadi saat ini dapat dikatakan memiliki fasilitas seadanya bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Spot Riyadi, diantaranya adalah:

  • Warung Makan
  • Tempat Parkir
  • Toilet
  • Spot Foto
Candi prambanan yang di potret dari spot riyadi.


News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *