Tak terasa sudah mulai masuk bulan Ramadhan. Nah, puasa Ramadhan memang wajib dijalankan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Puasa kadang jadi alasan untuk bermalas-malasan. Padahal sebenarnya, dengan cara yang benar, puasa malah bikin tubuh sehat lho.

Selama ini tubuh yang lemas jadi alasan mengapa bermalas-malasan saat puasa. Tubuh lemas ini bisa jadi karena cara sahurmu yang salah. Berikut akan kami beri tips sahur yang benar agar tubuh senantiasa segar meskipun sedang berpuasa. Nggak ada lagi alasan tubuh lemas ya.

  • Yang pertama, makanlah dengan porsi sewajarnya saat sahur. Jangan karena akan puasa, lantas Sahabat Thomson makan tanpa kontrol. Makan berlebihan saat sahur malah membuat tubuh tak berenergi saat puasa. Jadi mudah ngantuk karena banyak makan.
  • Konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks karena lama dicerna oleh usus jadi bisa menyimpan banyak energi cadangan dalam tubuh. Perbanyak juga protein agar tubuh tak mudah lemas saat siang hari. Hindari makanan berlemak dan pedas.
  • Ternyata mengunyah makanan dengan cepat dan terburu-buru juga berpengaruh pada kualitas puasa. Saat sahur, coba makan dengan santai. Makan dengan cepat ternyata bisa menyebabkan kadar gula dalam darah terganggu dan perut pun cepat kosong dan mudah lapar.
  • Perbanyak air putih saat sahur dan berbuka. Perbanyak juga makan sayur-sayuran dan buah-buahan yang berserat tinggi, agar terhindar dari konstipasi atau sembelit selama berpuasa.
  • Usahakan jangan tidur setelah salat subuh karena makanan yang kita makan pada saat sahur terbuang sia-sia.

Selain kita harus memerhatikan makanan saat sahur nih Sahabat Thomson, Kita juga jangan lupa tetap olahraga. Puasa bukanlah penghambat kita untuk berolahraga ya Sahabat Thomson. Coba cermati baik-baik.

Kapan waktu olahraga yang tepat saat puasa?

Banyak yang salah beranggapan, waktu olahraga yang tepat saat puasa bukanlah setelah berbuka, melainkan sebelum berbuka puasa. Sahabat Thomson tidak di rekomendasikan olahraga yang dilakukan setelah berbuka puasa. Hal itu karena waktu ibadah malam akan saling bertubrukan dan ya isi perut juga akan terasa penuh dan akan membuat olahraga tidak nyaman. Hal yang lain yakni, olahraga dalam keadaan perut kosong bisa membantu memperbaiki metabolisme tubuh.

Apa saja jenis olahraga yang efektif dilakukan saat puasa?

Jika Sahabat Thomson biasanya melakukan olahraga berat saat tidak berpuasa, namun saat berpuasa Sahabt Thomson harus lebih menguranginya. Jenis olahraganya pun harus dibatasi. Lakukanlah jenis-jenis olahraga yang ringan dan tidak terlalu memforsir tenaga seperti yoga atau gym.

Agar efektif, berapa kali sebaiknya berolahraga saat puasa?

Berolahraga memang harus dilakukan secara rutin. Jika tidak, maka tubuh pun akan kesulitan untuk kembali beradaptasi. Hal tersebut juga dilakukan bahkan saat berpuasa. Sahabat Thomson bisa melakukan olahraga 3 kali dalam seminggu. Ingat, puasa bukanlah halangan untuk membatasi aktivitas kita ya. Semangat!

Jadi tidak ada lagi alasan tubuh lemas dan tidak bugar selama berpuasa ya. Semoga tips ini bermanfaat dan bisa menjalankan ibadah dengan lebih maksimal.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *