Ramadan tentu tak bisa lepas dari buah kurma ya. Buah ini menjadi sangat populer, banyak dicari dan menjadi mudah diperoleh saat bulan puasa tiba. Kurma yang menjadi bahan makanan yang dianjurkan Rasullulah ini juga terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang sangat cocok digunakan saat berbuka. Nah,dari berbagai manfaat yang ada pada kurma, tentu membuat kita menjadi sering mengonsumsinya selama bulan puasa. Pada minggu ketiga puasa ini, akan sangat lumrah jika kita merasa bosan makan kurma, atau mungkin ada pula orang yang tidak suka mengonsumsi kurma. Jika sudah begitu, lalu harus bagaimana?

Kandungan utama yang ada pada kurma adalah gula alami yang bisa menggantikan energi dalam tubuh yang hilang setelah seharian berpuasa. Gula alami yang ada pada kurma ini sebenarnya bisa kita peroleh dari beberapa jenis buah atau makanan lain, lho. Kira-kira, apa sajakah makanan atau minuman yang bisa kita konsumsi untuk mengganti konsumsi kurma saat baru berbuka puasa? Yuk kita simak penjelasannya di bawah ini!

1. Buah anggur

Bosan buah kurma, kini saatnya Anda beralih ke buah-buahan segar lainnya. Anggur menjadi salah satu jenis buah yang kandungan gulanya cukup tinggi mengigat ukurannya yang cenderung kecil.

Dalam 8-12 butir sedang buah anggur matang, terdapat 23 gram gula yang termasuk cukup banyak. Untuk itu konsumsi buah anggur bisa Anda jadikan pengganti kurma dengan mengosumsinya sebanyak 4-5 buah saat baru berbuka. Pastikan buah anggur sudah matang dan rasanya manis agar tidak ada rasa asam yang bisa menggangu pencernaan saat awal berbuka, ya.

2. Buah ceri

Buah yang mirip dengan anggur namun merupakan keluarga buah beri ini merupakan buah yang juga memiliki kandungan gula alami cukup tinggi, sehingga merupakan alternatif pengganti buah kurma yang baik.

Anda bisa mengonsumsi 5-6 buah ceri ukuran sedang untuk mengganti energi yang telah hilang setelah seharian berpuasa. Usahakan mengonsumsi buah ceri segar, tanpa tambahan pengawet. Jika Anda mengonsumsi buah ceri kaleng maka pastikan buah ceri tersebut merupakan jenis ceri kaleng yang rendah gula, ya.

3. Madu

Dibandingkan gula, madu bisa jadi pilihan yang lebih sehat karena memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Anda bisa menambahkan madu pada jus atau salad sayur untuk memberikan asupan energi dari gula pada madu.

Perlu diingat bahwa penggunaan madu dalam satu porsi tidak boleh lebih dari 2 sendok makan, ya.

4. Buah mangga

Buah mangga yang harum, manis dan segar tentu sangat tepat dipilih menjadi pilihan makanan saat berbuka ya. Kandungan gula pada mangga merupakan yang paling tinggi diantara jenis buah lainnya, yaitu 45 gram gula dalam satu buah mangga ukuran sedang. Anda bisa memanfaatkan konsumsi buah mangga sebagai pengganti kurma, namun tetap batasi porsi maksimal ½ hingga ¾ buah mangga untuk konsumsi satu orang.

Mangga bisa Anda sajikan dalam bentuk segar, jus atau puding, pastikan Anda tidak memilih buah mangga yang rasanya asam agar tidak mengganggu lambung, ya.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *