5 TIPS MENJAGA KESEHATAN AGAR MUDIK ANDA LANCAR

 Melakukan mudik menjadi tradisi masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri. Menempuh perjalanan saat berpuasa seolah menjadi jadwal rutin setiap tahunnya. Kondisi ini tentu bukan hal yang mudah dilakukan, apalagi jika menggunakan moda tranportasi darat seperti bus, kereta api, atau kendaraan pribadi. Kesehatan tubuh menjadi salah satu faktor penting saat melakukan perjalanan mudik. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan tips menjaga kesehatan berikut agar perjalanan mudik tahun ini berjalan dengan lancar dan selalu sehat. Perhatikan tips-tips nya

1.Persiapkan Kondisi Tubuh Yang  Bugar

Saat ingin melakukan perjalanan mudik, Anda perlu melakukan persiapan yang matang agar tetap sehat dan bugar sampai di kota tujuan. Kelelahan adalah kondisi yang umum terjadi karna jarak mudik jauh dan dilakukan saat sedang berpuasa. Oleh karena itu, sebelum melakukan perjalanan pastikan tubuh dalam kondisi bugar dengan mencukupi kebutuhan tidur. Tidur selama 6-8 jam sebelum berangkat bisa membuat tubuh tetap bugar saat melakukan perjalanan mudik. Untuk menghindari habisnya tenaga dikala puasa, Anda bisa melakukan perjalanan mudik setelah berbuka atau malam hari. Dengan begitu, tubuh akan lebih siap melakukan perjalanan mudik.

2.Siapkan Obat-obatan Pribadi Anda

Perjalanan yang jauh saat mudik lebaran bisa menimbulkan kelelahan dan akan berdampak pada penyakit.Untuk anda yang mempunyai riawayat penyaakit khusus,disarankan untuk selalu membawa obat atau peralatan kesehatan pribadi anda,ini dikarenakan di sepanjang rute anda mudik belum tentu selalu ada obat yang anda butuhkan,jadi sebelum anda mudik,wajib yaa mempersiapkan obat2an pribadi,agar mudik anda lancar dan sampai tujuan dengan sehat dan bugar.

3. Mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir sebelum makan

Banyak yang tidak tau bahkan meremehkan akibat jika tidak cuci tangan sebelum makan,pasalnya cuci tangan sebelum makan ini sangat berguna untuk melindungi kita dari berbagai macam bakteri yang ada di tangan kita sebelum kita makan.cuci tangan lah dengan air  mengakir dan sabun sebelum makan,atau gunakan tisu basah dan hand cleanser agar lebih praktis.

4.Perhatikan Makanan Yang Akan Anda Makan

Tak hanya kesehatan dan kendaraan, Kemenkes juga menyarankan masyarakat untuk menjaga makanan yang dimakan agar terhindar dari berbagai penyakit.

Makanan pedas dan bersantan sebaiknya dihindari. Bagi pengemudi sebaiknya lebih memperbanyak makan buah-buahan seperti jeruk, pisang, mangga, belimbing, atau apel. Kurangi makanan tinggi kalori dan lemak agar stamina selama berkendara tetap terjaga.

5.Jangan  Lupa Untuk Menyempatkan Beristirahat

Kurang istirahat bisa memicu timbulnya penyakit dan tidak fit. Untuk menghindari kecelakaan dan kejadian sejenis yang tak diinginkan, pemudik diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas rest area untuk beristirahat.

Pasalnya, bila seseorang telah mengemudikan kendaraannya lebih dari 4 jam maka akan terjadi penurunan kesigapan tubuh maupun respons tubuh, sehingga rawan terjadi kecelakaan. Cari tempat istirahat atau rest area, dan usahakan mengambil beberapa waktu untuk istirahat attau tidur (minimal 15-30 menit). Bila diperjalanan sakit, segera mencari pos kesehatan terdekat. Kemenkes sudah menyiapkan total 6.047 fasilitas pelayanan kesehatan di jalur mudik mulai dari pos kesehatan, puskesmas, RS, KKP dan PSC

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *