1. Rapikan Halaman dan Teras Rumah Anda
Halaman atau teras adalah hal pertama dari rumah Anda yang diperhatikan para tamu. Gunting daun-daun tanaman yang layu dan menguning, potong rumput yang tumbuh panjang dan bersihkan pot-pot yang mulai lusuh. Jangan lupa menyapu dan mengepel lantai teras, serta merapikan kursi-meja agar terlihat bersih juga terawat.

2. Simpan Pajangan dan Aksesori Ruangan untuk Sementara
Pajangan atau aksesori ruangan yang berukuran kecil seperti patung meja, patung keramik atau hiasan kayu sebaiknya disingkirkan dari ruang tamu saat Lebaran. Pindahkan ke ruang keluarga, kamar atau simpan di dalam boks untuk sementara. Mengapa?

Karena banyaknya orang yang akan berkunjung, otomatis rumah akan terasa lebih sempit. Adanya pernak-pernik berukuran sedang dan kecil akan membatasi ruang gerak Anda dan juga para tamu karena bisa saja tersenggol, jatuh dan pecah atau rusak. Sebaiknya, ganti hiasan rumah dengan toples berisi kue.

3. Cuci Sofa
Sofa adalah furniture paling besar di ruang tamu. Maka dari itu, jika tidak sempat memanggil tukang pembersih sofa, maka bersihkan seperlunya dengan lap lembab. Jika banyak noda yang tidak bisa hilang, tutupi sofa dengan kain cantik bernuansa etnik.

4. Suguhkan Kue dan Permen dalam Toples Cantik
Tak perlu menambah jumlah vas bunga demi mempercantik ruangan karena hanya akan membuatnya terlihat lebih sempit. Toples-toples cantik berisikan kue kering yang beraneka ragam pun bisa jadi alternatif dekorasi. Akan lebih menarik jika ukuran toples tidak terlalu besar.

Pilih toples yang mungil tapi jumlahnya cukup banyak untuk ditaruh di atas meja. Isi tiap toples dengan jenis kue yang berbeda agar menarik tamu untuk mencobanya. Sebagai variasi, tempatkan juga permen dan cokelat dengan bungkus warna-warni.

5. Isi Vas dengan Bunga Segar
Selain memperindah ruangan, vas berisi bunga-bungaan segar juga bisa berfungsi sebagai pengharum ruangan alami. Pilih bunga yang menebarkan harum menyenangkan seperti sedap malam, anyelir, krisan atau melati.

Anda juga bisa menempatkannya dalam vas biasa, atau dalam satu mangkuk cantik seperti yang ada di tempat spa. Sediakan dua hingga tiga mangkuk dan letakkan di meja di sudut dan tengah ruangan.

Kalau tidak sempat membeli bunga yang harum, Anda bisa membeli bunga berwarna cerah, lalu taruh pengharum ruangan beraroma bunga di sudut ruangan.

6. Bersihkan Kamar Mandi
Jangan lupa ruangan yang satu ini karena toilet yang bersih mencerminkan kebersihan pemiliknya. Tamu yang datang akan sering menggunakan kamar mandi untuk buang hajat, cuci tangan atau mengambil air wudhu.

Sikat toilet, wastafel, lantai dan dinding kamar mandi sampai bersih hingga ke sudut-sudutnya. Lap cermin dengan pembersih kaca. Simpan semua toiletries seperti sikat gigi, shampo, deodoran, bungkus pembalut ke dalam boks tertutup sementara. Ganti handuk untuk tangan dengan yang bersih, taruh vas bunga kecil di wastafel, dan pengharum ruangan.

7. Siapkan Tempat untuk Salat
Mungkin ada beberapa tamu yang datang di siang hari dan ingin Shalat Dzuhur atau Ashar di rumah Anda. Siapkanlah tempat khusus untuk shalat. Jika rumah Anda tidak dilengkapi dengan ruangan kecil untuk salat, Anda bisa menggunakan kamar salah satu anggota keluarga — bukan kamar utama. Rapihkan tempat tidur, karpet, meja rias (jika ada) serta perabotan lain di dalamnya. Sediakan beberapa sajadah, sarung dan mukena bersih.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *