Penyakit darah tinggi atau yang biasa disebut dengan hipertensi merupakan salah satu penyakit yang cukup banyak ditakuti oleh semua orang. Pasalnya, darah tinggi hampir sama seperti diabetes yang dapat dikategorikan sebagai silence deases atau yang dapat diartikan sebagai penyakit yang dapat membunuh secara diam-diam dan juga perlahan.

Tak hanya itu saja, darah tinggi yang berlebih juga dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi penyakit lain untuk tubuh. Sehingga, apabila komplikasi ini sudah terjadi maka Anda pun tidak bisa beraktivitas lagi. Bahkan, salah satu komplikasi paling parah adalah terjadinya stroke hingga hingga serangan jantung yang sangat berbahaya untuk kesehatan.

Penyebab Hipertensi

Anda pun wajib tahu seputar penyebab dari hipertensi atau tekanan darah tinggi ini. Yang pasti, darah tinggi paling umum disebabkan oleh pola hidup dan makan yang kurang sehat. Penyebab pertama yang bisa membuat seseorang mengalami penyakit darah tinggi adalah mengonsumsi makanan yang mengandung garam atau rasa asin yang berlebihan, seperti misalnya kripik, makanan cepat saji dan gorengan.

Perlu Anda ketahui, konsumsi makan asin yang berlebih bisa menimbulkan naiknya tekanan yang diberikan oleh aliran darah di tubuh terhadap dinding pembuluh darah ketika mengalir. Akibatnya, maka akan terjadi tekanan darah yang tinggi sehingga munculnya penyakit darah tinggi atau hipertensi yang akhirnya menyerang Anda dan mengganggu aktivitas.

Stres juga dapat memicu terjadinya hipertensi atau sakit darah tinggi. Pasalnya, jika Anda sering merasa stres atau cemas yang berlebihan, maka hal ini justru dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah termasuk pembuluh darah jantung dan ginjal. Hal ini lah yang dapat memicu tekanan darah tinggi kronis dan berbagai komplikasi penyakit lainnya.

Apa Obat Atasai Penyakit Tekanan Darah Tinggi?

Bila hipertensi atau darah tinggi sudah menyerang, maka Anda pun harus segera mengatasinya. Ada berbagai obat alami yang bisa Anda coba konsumsi untuk mengatasinya. Pertama ada daun sirsak. Hal ini karena daun sirsak mengandung senyawa yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara meminum air rebusan daun sirsak.

Kemudian ada wortel yang bisa menjadi salah satu obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi yang tengah Anda alami. Apalagi, wortel ini sangat dianjurkan bagi Anda yang mengalami sakit darah tinggi. Anda pun bisa mengonsumsi wortel dengan cara merebus atau mengukusnya. Tak hanya itu, wortel juga dapat dijadikan sebagai jus lalu Anda minum untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Siapa sangka, ternyata tomat juga bisa Anda konsumsi untuk mengatasi hipertensi. Tomat sendiri mengandung kalium yang sangat tinggi dan bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung Anda. Anda pun bisa mengonsumsi tomat secara langsung atau mengolahnya menjadi jus untuk mengatasi masalah darah tinggi.

Yang terakhir ada kulit manggis sebagai obat alami untuk sakit darah tinggi. Kulit manggis mengandung senyawa yang berfungsi untuk melancarkan pembuluh darah di tubuh Anda. Sehingga, hal ini akan mencegah terjadinya naiknya tekanan darah di tubuh Anda. Anda pun bisa merebus kulit manggis lalu meminum air rebusannya sebagai obat untuk darah tinggi.

Pastikan Anda selalu menjaga asupan pola makan dan selalu rajin olahraga agar terhindar dari hipertensi ini. Dengan melakukan pola hidup sehat, perbanyak makan sayur dan buah dijamin tubuh Anda pun akan tetap terjaga dengan baik. Sehingga, berbagai penyakit pun tak akan masuk ke tubuh Anda termasuk juga darah tinggi atau hipertensi.

Pepso

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *