Siapa yang tidak mengenal sariawan? Tentu saja semua orang pasti mengetahuinya. Bahkan, sariawan adalah hal paling umum yang sering terjadi dan dialami oleh hampir semua orang di dunia. Sariawan dapat menyerang siapa saja baik pria maupun wanita, serta tidak memandang usia. Biasanya, hal ini terjadi akibat tubuh mengalami panas dalam atau sistem imun yang turun.

Memang sariawan bukan tergolong sebagai penyakit yang serius. Tapi, sariawan bisa sangat mengganggu aktivitas setiap orang. Ketika Anda mengalami sariawan pada bagian bibir atau lidah, sudah dipastikan Anda tidak akan bisa makan atau minum dengan nyaman karena akan terasa sakit dan Anda pun juga akan sulit untuk berbicara dengan leluasa ketika ngobrol dengan orang lain. Tak jarang, orang yang sudah mengalami sariawan akan memilih untuk diam agar tidak merasakan sakit.

Adakah Obat Alami Untuk Sariawan?

Apabila hal ini sudah terjadi, maka Anda pun harus segera mengatasinya dengan mengonsumsi obat sariawan agar rasa sakitnya tidak terus berlanjut. Namun, Anda pun juga bisa membuat obat alami untuk mengatasi sariawan yang timbul pada bibir atau lidah Anda dan bahan obat alami ini pun juga sangat mudah untuk Anda dapatkan dimana saja.

Pertama, Anda bisa membuat larutan oralit dari garam untuk mengatasi sariawan. Pasalnya, garam memiliki sifat antiseptik yang bisa membunuh kuman yang ada di mulut dan meredakan sakit akibat sariawan. Sehingga, laurtan garam ini menjadi salah satu obat untuk sariawan yang paling efektif dan mudah untuk dibuat kapan saja.

Anda pun hanya perlu berkumur dengan air garam untuk bisa membantu meredakan sariawan yang Anda alami. Cara membuatnya pun mudah, Anda hanya perlu melarutkan dua sendok teh garam ke dalam 1 gelas air hangat. Kemudian, Anda hanya tinggal kumur dengan air garam yang sudah Anda buat tersebut. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Selanjutnya, yoghurt juga bisa menjadi obat sariawan alami yang Anda coba. Tapi, yoghurt yang Anda pilih haruslah yoghurt tawar karena varian ini masih mengandung bakteri baik yang banyak dan dapat membantu mengobati sariawan. Bahkan, yoghurt juga dapat membantu untuk membersihkan mulut dari bakteri jahat penyembab penyakit.

Karena teksturnya yang lembut, maka yoghurt juga bisa menjadi alternatif makanan yang enak untuk dimakan saat sedang sariawan dan tidak akan menyebabkan rasa sakit. Anda pun bisa mengonsumsi yoghurt ini saat pagi dan malam hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan dijamin sariawan Anda pun juga akan reda dengan cepat.

Terkahir tapi bukan yang paling akhir, ada wedang lemon yang dapat menjadi alternatif lain sebagai obat sariawan. Perlu Anda tahu, lemon sendiri memiliki sifat antiseptik dan antijamur yang dapat membantu untuk melawan bakteri di mulut yang dapat menyebabkan sariawan muncul. Pemanfaatannya pun mudah, yaitu Anda hanya perlu menambahkan separuh lemon ke 1 cangkir air hangat.

Lalu, Anda tinggal minum wedang lemon ini atau juga bisa menggunakannya sebagai obat kumur apabila Anda tidak kuat dengan rasa asamnya. Namun, Anda pun juga bisa mengoleskan air lemon ini langsung ke tempat yang mengalami sariawan. Hanya saja, cara ini akan sedikit membuat sariawan terasa makin perih tapi dapat langsung meredakannya.

Dengan mencoba membuat obat sariawan yang alami ini di rumah, Anda pun dijamin dapat mengobati sariawan dengan mudah dan praktis. Pastikan untuk selalu rutin melakukan cara tersebut agar sariawan yang Anda alami makin cepat hilang dan Anda pun bisa kembali berbicara atau makan dengan bebas seperti sedia kala.

Pepso

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *